Write Right - Anda memiliki semua surat bisnis penting atau email yang disusun, bukti baca dan menunggu untuk dikirim. Sebelum Anda membuangnya, gunakan kuesioner diri ini untuk memastikan bahwa Anda telah menulis ke Express dan bukan ke Impress.
=> Apakah ini benar-benar perlu? Apakah panggilan telepon atau kunjungan pribadi dapat dilakukan?
=> Apa tujuan dokumen?
Apakah itu untuk - Meminta informasi / Memperjelas pendirian atau posisi / Menyampaikan informasi / Meminta tindakan dari pembaca Anda. Nyatakan tujuan dalam paragraf pertama, lebih disukai di baris pertama.
=> Apakah dokumen tersebut ditujukan kepada orang yang benar?
=> Apakah saya perlu mengirim salinan kepada siapa pun?
=> Jika saya menginginkan sesuatu, sudahkah saya katakan pada tanggal berapa?
=> Jika meminta tindakan, apakah saya melakukannya dengan sopan?
=> Sudahkah saya memberikan semua informasi, fakta, dan angka yang diperlukan?
=> Sudahkah saya membuat asumsi? Jika ya, dapatkan mereka diverifikasi.
=> Apakah ada pemahaman yang jelas tentang apa langkah selanjutnya?
Ini dikenal sebagai HOT POTATO karena akan menyebabkan beberapa reaksi atau gerakan dari pembaca. Contoh POTATO PANAS -
"Segera setelah kami menerima dokumen, kami akan memproses pengembalian dana Anda."Pernyataan ini memperjelas bahwa pembaca harus mengirim dokumen yang diperlukan.
=> Sudahkah saya memverifikasi semua angka dan tanggal?
=> Sudahkah saya memeriksa semua ejaan dan tanda baca?
Setelah Anda memiliki kutu untuk semua pertanyaan, silakan dan kirim surat atau email itu.